Pages

Friday, August 6, 2010

Diskusi panel

Kemarin, aku dan temen2ku, Sam, Chan, Mbik, Don, mencoba membahas yg namanya "Proses Radang". Berdebat tentang gimana sih proses radang itu, dan bedanya proses radang akut sama radang kronis. Besok pagi si Don mau memberikan seminar ke anak2 klinik Bedah Mulut tentang proses radang, jadi sekarang kami (Sam, Chan, Mbik dan Aku) mencoba membantu, yaa..sekedar memberi masukan dan tambahan ilmu pengetahuan sama si Don (hhehehe, guaya pak).

Pertama-tama, aku yg memulai diskusi ini, "Proses radang adalah mekanisme pertahanan tubuh yg paling efektif, yg terjadi karena adanya luka atau jejas. Prosesnya diawali dengan vasokonstriksi pembuluh darah singkat, kemudian terjadi vasodilatasi dan peningkatan permeabilitas kapiler, dan sel2 radang bergerak ke arah jejas."

"Yg tadi akut apa kronis?", dengan tiba2 Sam menghentikan argumenku. Setelah berpikir sejenak, "Akut...!!!". "Trus klo kronis gmn?". Tanya Sam lagi. "Radang kronis adalah radang akut yg berlangsung lama".

"Yg lama apanya? Proses keseluruhannya, apa sebagian prosesnya saja?", Chan mulai ambil bagian dalam diskusi ini. Sekedar info saja, Chan baru tadi pagi disumpah menjadi dokter gigi. Selamat ya....!!! Semoga berguna bagi keluarga, masyarakat dan bangsa kita tercinta Indonesia.

Kembali ke diskusi kita, "Yg lama adalah vasodilatasi, peningkatan permeabilitas kapiler, sama pergerakan sel2 radang ke area jejas.", jawabku. "Okelah, radang akutnya selesai, kemudian terbentuk eksudat/nanah yg terisolir. Tapi kemudian setelah beberapa lama, selaput yg mengisolir eksudat tersebut pecah yg akhirnya menginfeksi kembali, dan gejalanya menjadi tambah parah. Itu termasuk radang akut apa kronis?", Chan tampaknya sedang mengeluarkan ilmu yg baru saja didapat.

Aku mulai bingung setelah cercaan pernyataan yg ditujukan padaku. Padahal yg seminar kan si Don, kok malah aku sih yg ditanya ini itu. Wis wis...arek2...!!! Mataku melirik si Mbik yg dari tadi cuma mendengarkan dan tampaknya sedang mencari waktu yg tepat untuk mengemukakan pendapatnya, dan pendapatnya itu harus dapat menjawab semua pendapat kami. Akhirnya, ia pun mulai mengeluarkan suaranya yg dijual mahal, setelah melihat aku mulai kewalahan. "Klo menurutku, (dengan gayanya yg sok pinter) proses dari radang itu sendiri baik akut maupun kronis sebenarnya proses dimana terjadi vasodilatasi, peningkatan permeabilitas dan pergerakan sel2 radang ke area jejas. Jadi, jika proses tersebut berlangsung singkat, maka disebut radang akut. Tapi, jika prosesnya berlangsung lama itu menjadi radang kronis.", jelas Mbik seperti sedang memberikan penyuluhan.

"Ya gak lah Mbik....!!!", Sam tiba2 nyeletuk sambil tersenyum-senyum. Untuk informasi juga, Mbik juga sudah resmi menjadi dokter gigi, berbarengan sama Chan. Dan Mbik juga mendapat predikat lulusan terbaik untuk penyumpahan periodenya. Bisa dimengerti kenapa Sam begitu antusias menyanggah Mbik. Setelah Sam sadar dari rasa gembiranya, ia pun mulai menjelaskan, "Disebut radang akut jika, sel yg bergerak ke daerah jejas adalah sel PMN dan apalagi aku lupa. Dan disebut radang kronis jika, sel yg bergerak ke daerah jejas adalah sel leukosit. Jadi, berapa kali pun radang terjadi, entah kambuh lagi atau gmn, jika sel yg terdapat di daerah radang adalah sel PMN maka ia tetap disebut radang akut. Dan jika di daerah radang ditemukan sel leukosit, seperti monosit dan kawan2, maka ia disebut radang kronis, g perduli terjadi baru pertama kali atau pun terjadi setelah radang akut.".

Kami cuma terdiam sambil mencoba mencerna apa yg dikatakan Sam. Kayaknya penjelasan Sam bisa kami terima, dan diskusi pun berakhir dengan penjelasan dari Sam tadi.

Ohh yaa, aku lupa temenku satunya, si Don. Dari tadi kepalanya selalu mengikuti arah dimana suara datang, sambil sesekali mencatat apa yg kami katakan. Entah apa yg dicatatnya, dan apakah ia mengerti atau tidak makna diskusi ini, atau mungkin ia sudah memiliki konsep dan pengertian sendiri tentang materi diskusi kita. Ia cuma butuh beberapa masukan dari kami, dan masukan2 itu akan ia olah untuk dipresentasikan besok.

Entahlah, memang diskusi ini didedikasikan buat bantu si Don kok....!!!


Peringatan; Diskusi ini bukan untuk dijadikan bahan referensi tentang proses radang. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses radang, saya sarankan untuk membaca buku tentang radang. Jika ada kesamaan nama, tempat dan kejadian itu merupakan faktor kesengajaan.




Note;
  1. Vasokonstriksi = penyempitan diameter pembuluh darah
  2. Vasodilatasi = pelebaran diameter pembuluh darah
  3. Jejas = benda / mikroorganisme yg masuk ke dalam tubuh
  4. Permeabilitas kapiler = kemampuan kapiler / pembuluh darah untuk meloloskan cairan / sel
  5. Sel PMN = sel radang akut
  6. Sel leukosit = sel darah putih / sel radang kronis

6 comments:

narti said...

met pagi... :)
ada beberapa istilah yang bagi saya sulit dimengerti. Mungkin bisa ditambahkan note dibawah, beserta artinya.
Thanks ya.

EYANG RESI 313 said...

Sejenak tafakur dalam kehingan……..
Memaknai arti hidup dalam seraingkaian khilaf dan dosa…..
Lisan kadang tak terjaga,….
Jannikadang terabaikan,……
Hati kadang berprasangka,….
Sikap kadang menyakitkan,…..
Harapan ini akan menjadi indah…..
Jika maaf & silahturrahim ada diantara kita.
Selamat menempuh bulan suci Ramadhan 1431 Hijriah.
Mohon maaf lahir dan batin.
Semoga Allah selalu memberikan
Taufiq, Hidayah, Maghfirah dan Ridho-Nya untuk kita semua.
Amiiiii….n !

j4j said...

Mbak Narti; maaf mbak, keterangannya baru aku isi sekarang

Mbak Narti & Eyang; met menjalankan ibadah puasa, mudah2an pahalanya tambah banyak...amin.

narti said...

makasih banyak keterangannya ya, ijin copas...

j4j said...

Monggo mbak...!!!

Unknown said...

thx dah berkunjung ke blog q...lam kenal juga y...

Post a Comment