Pages

Wednesday, August 26, 2015

Yuk Curhat..

Disebuah Sekolah Dasar
====================
"Buk, saya mau minta ijin meriksa anak2 kelas 1"

"Oh ya, darimana mas?"

"Saya dari FKG"

"Oh ya. Udah semester berapa dek?"

"Ini sudah mau selesai. Saya lama di skripsi buk. Hampir 2th saya skripsi. Dosennya lumayan killer. Saya ngajuin judul gak di acc beberapa kali. Trus pas skripsinya udah selesai saya di putus sama pacar saya. Duh buk, sakit rasanya... Trus....(bla bla bla)"

20 mnt kemudian

"Trus akhirnya saya memutuskan untuk kuat dan berusaha menyelesaikan studi saya. Gitu buk critanya."

"...................................?"

====================

Pernah kalian mengalami hal di atas? Curhat kepada orang yang pertama kali kita temui.

Aku pernah. Dan itu aku lakukan tanpa sadar. Mungkin saking pengen curhatnya, tp takut jika curhat ke temen2 malah di bully. Curhat ke orang tua malah di ceramahi, curhat ke psikiater malah di kira gangguan jiwa. Jadilah curhat ke orang orang yang baru pertama kita temui.

Ada rasa tanpa beban jika kita curhat pada orang yang baru aja kita kenal. Mereka tidak akan menyela curhatan kita (karena mungkin merasa tidak sopan  menyela orang yang lagi bicara), mereka tidak akan men-judge kita (karena baru kenal kita), dan mereka adalah pendengar yang baik.

Mungkin agar seseorang mau mengutarakan isi hatinya (alias curhat), kita harus memiliki kriteria2 seperti orang asing. Tidak menyela curhatan temen kita, tidak menjudge, dan yang paling penting jadilah pendengar yang baik. Karena sesungguhnya mereka hanya ingin di dengar, bukan di ceramahi ataupun dihakimi.

Jadi, buat temen2 yang dicurhati, dengarkanlah curhatan mereka tanpa menghakimi mereka. Jadilah pendengar yang baik, walaupun kadang cerita mereka sering tidak masuk akal ataupun membosankan. Jika seseorang dengan lepas curhat ke kita, sebenarnya mereka mempercayai kita sebagai seorang teman. Jangan sia2kan itu.

Dan bagi temen2 yang mau curhat, alangkah baiknya jangan ke orang asing. Karena mereka sebenarnya cuma ingin mengobrol dan berusaha bersikap sopan, bukannya malah mendengar curhatan kalian yang mereka tidak mengerti. Sekali2 boleh lah, tapi jangan keseringan.

 =======================
"Setiap manusia akan selalu punya cerita dan misterinya masing-masing. Tapi, tidak semua mau membaginya, dan kalaupun ada yang membagikannya, tidak semua mau mendengarkannya kan? (Gitaditya)"




0 comments:

Post a Comment